SIAPA YA CALON GUBERNUR SUMUT 2013 –2018

pusukBuhit - Medan,   Bakal calon (Balon)  Gubsu 2013  - 2018 yang akan digelar  7 Maret 2013, sudah semakin mendekat. Pendaftaran sudah dibuka KPU Sumut mulai 10 November 2012 hingga 16 November nanti. Namun, sampai Senin 12 November 2012 belum satupun yang mendaftar.

Dari  sekian  jumlah Balon yang gambar dirinya  terpampang di baliho  sampai  ke daerah perbatasan Sumut - Sumbar, hingga Kamis (8/11)  baru sekira 3 Balon  dipastikan  mendapat restu dari petinggi di DPP Parpol masing masing.

Pertama, H.Gatot Pujonugroho,ST (Plt.Gubsu),  penghunjukan/restu  ini diungkapkan Presiden  DPP PKS  Luthfi Hasan Ishaaq dalam Mukernas -4  di Medan.

Untuk memenangkan "pertarungan" dengan  rivalnya disebut - sebut  PKS  akan berkoalisi antara lain dengan Parpol  yang dipimpin  mantan Pangab Wiranto yaitu Hanura.

Balon kedua adalah H.Fadly Nurzal,S.Ag, yang  berada di bawah "lindungan Ka'bah"  Partai Persatuan Pembangunan (PPP), sekarang ini dalam kapasitas Ketua FPPP DPRD Sumut, sudah disetujui Ketua Umum DPP PPP Surya Dharma Ali.

Drs H Hasrul Azwar, orang kuat di partai ini juga sudah merestuinya.

Dan, DR.H.Chairuman Harahap, SH, MHum, mantan Kajatisu, merupakan  Balon Gubsu Partai berlambang Pohon Beringin,  oleh  Abu Rizal Bakrie sapaan akrabnya Ical.

Tentang  Chairuman, ini sudah langsung dijelaskannya dalam acara interaktif di salah satu radio swasta di Medan. Begitu pula halnya dengan  Fadly Nurzal.

Namun,   PPP maupun Golkar  masih merahasiakan  dengan parpol apa akan  berkoalisi.Sesuai UU Parpol yang dibenarkan mengusung balonnnya  harus  mempunyai 15 kursi di DPRD Sumut. Untuk itulah  ketiga Parpol harus .berkoalisi..  Begitu pula  sekaitan nama Balon Wagubsu ketiga  Balon ini masih "bungkam".

Bisa Menit Terakhir

Secara terpisah kader  Gerakan Pemuda Ka'bah  Sumut, Bobo, dia bicara khusus mengenai  Balon PPP Nurzal Fadly, dia juga  "mengunci erat" mulutnya tentang  koalisi mau pun  Balon wagubsu.

Menurut lelaki berpostur  tinggi besar dengan rambut dipangkas ala"TNI" itu, katanya bukan tak mungkin  tentang  siapa akan menjadi "pendamping" Nurzal/(wagubsu) baru terungkap  pada  menit menit terakhir  pendaftaran di KPUDSU. Dia mencontohkan  ketika Pilkadasu  2008 "Sampurno".

" Pak Syamsul dan pasangannya pak Gatot adalah  Balongubsu/wagubsu yang terakhir  mendaftarkan diri ke KPUDSU. Banyak orang yang "terkejut". Tapi, itulah kenyataannya. Mungkin saja hal serupa itu akan  dilakukan  PPP. Karena, untuk  mencari pasangan/wagubsu  identik juga dengan mencari balon istri. Sejalan,seirama dst........,"    ujarnya sembari  tertawa.

Amri Tambunan

Sementara itu Wakil Ketua  Komisi Pengawasan  PDemokrat DPDSU Guntur  Manurung,SE, menurutnyaKetua Umum  DPP Parpol simbol "Bintang Mercy"   tengah memasang "saringan" yang  lobang lobang saringannya  cukup  "halus"  untuk  meloloskan  nama nama Balon yang dimajukan oleh  DPD Demokrat Sumut.

Saking selektifnya, sampai Kamis (8/11), ( dua hari lagi ,Sabtu (10/11)KPUDSU membuka pendaftaran-tanggal 16/11), belum ada" green ligh" dari DPP nama siapa akan diusung ke Medan "laga" Pilkadasu.

" Demokrat  yang mempunyai 27 kursi di DPRDSU mungkin tak melakukan koalisi dengan Parpol lain. Tapi, yang namanya politik dinamis tidak statis. Bisa saja yang tak kita duga, bisa menjadi kenyataan," ujar Manurung yang  Ketua Komisi D DPRDSU, kepada media  ini, Kamis.

Ditanya seputar  rating survey Balon Pilkadasu dari kader PD,  menurut Manurung, Drs.H.Amri Tambunan bupati Deliserdang,ujarnya sembari  menambahkan  siapa yang akan direstui menjadi Balon masih dalam "kerahsiaan",katanya.

 

Figur

Ketika ditanya untuk "mendulang" suara terbanyak  pada  Pilkadasu, yang dikaitkan dengan  ulah sejumlah oknum PDemokrat di DPR RI yang  masuk dalam jeruji besi sebagai konsekuensi perbuatan korupsi.

Apakah  tak  memberikan dampak menjurus negatif. Dengan cepat, tegas dan lugas putra  Tano Batak mengatakan." Tidak. Karena   yang melakukan adalah figur bukan Parpol. Bahkan, Parpol turut mendorong pihak  hukum melakukan  tindakan, pungkasnya.(bundo)

 

Share |